Obat Tradisional Untuk Membantu Menurunkan Demam

Obat Tradisional Untuk Membantu Menurunkan Demam

Demam merupakan reaksi tubuh dalam melawan infeksi. Untuk mengatasi demam ringan, tidak perlu terburu-buru mengonsumsi obat. Obat demam bekerja dengan memaksa tubuh untuk menurunkan suhu tubuh meski tubub sedang melawan infeksi. Oleh karena itu, anda dapat menggunakan obat demam tradisional serta cara alami lainnya untuk menurunkan demam.

Kenaikan suhu saat demam dapat terjadi sekitar 1-5 derajat, dari suhu tubuh normal yang berkisar pada suhu 36 derajat Celcius. Pada orang dewasa, yang tergolong demam ringan, suhu berkisar antara 37,7 derajat celcius – 38,3 derajat celcius. Dianggap demam tinggi, jika suhu sekitar 39,4 derajat celcius – 40 derajat celcius dan demam berbahaya pada suhu diatas 40 derajat celcius.

Obat tradisional untuk menurunkan demam

Beberapa obat demam tradisional yang dapat digunakan sebagai alternatif mengatasi demam ringan, yaitu :

1. Jahe

Untuk mengatasi demam ringan, anda dapat mengonsumsi jahe. Selain mampu mengatasi demam, kandungan antibakteri pada jahe juga mampu melawan penyakit lainnya seperti batuk.

2. Pegagan

Tanaman dengan nama latin Centella asiatica ini direkomendasikan untuk demam, serta berbagai pengobatan kulit seperti luka, kusta, lupus, tukak varicose, eksema, dan psoriasis. Namun pegagan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita hamil. Belum ada penelitian yang cukup mengenai tingkat toksisitas dan jumlah konsumsi yang aman untuk herbal ini.

3. Sambiloto

Tanaman dengan nama latin Andrographis paniculata ini, sering digunakan demam sekaligus mengatasi pilek dan flu. Selain itu, sambiloto juga dikenal dapat membantu kondisi sakit tenggorokan, batuk, diare, kontipasi, sakit perut dan sinusitis.

4. Ginseng

Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang mendunia. Ginseng terbagi menjadi dua jenis yaitu ginseng asia dan amerika. Dengan kandungan dan khasiat yang berbeda. Ginseng amerika dianggap dapat membantu mengatasi demam serta filek dan flu. Selain itu, ginseng jenis ini juga dapat membantu gangguan tidur, anemua, nyeri saraf hingga mengatasi penuaan diri.

Langkah Pendukung Menurunkan Demam Di Rumah

Selain mengonsumsi obat demam tradisional, anda juga dapat mengatasi demam di rumah dengan cara :

>> Perbanyak minum
Demam dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan mengalami dehidrasi pastikan asupan cairan yang dibutuhkan tubuh tercukupi dengan baik dengan mengonsumsi air putih, jus atau sup kaldu. Jika demam dialami oleh anak dibawah usia 1 tahun, berikan larutan rehidrasi yang diminum. Konsultasikan dengan dokter sebelum memberikannya pada anak.

>> Istirahat yang cukup
Aktivitas dapat menaikkan suhu tubuh anda, karena itulah dianjurkan untuk mengurangi aktivitas dengan beristirahat yang cukup agar tubuh dapat segera kembali pulih

>> Mandi dan kompres
Mandi menggunakan air hangat atau lakukan kompres dingin untuk memberikan rasa nyaman saar mengalami demam

>> Konsumsi makanan yang mudah dicerna
Sup ayam yang hangat merupakan salah satu pilihan makanan yang ringan utnuk dicerna perut ketika sakit. Pasangkan dengan roti bakar yang bisa mengusir lapar.

Jika demam yang anda alami tak kunjung sembuh lebih dari 3 hari atau melebihi suhu 39,4 derajat celcius, disarankan untuk segera berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui penyebab dari demam. Apalagi jika demam disertai dengan gejala lain seperti sakit parah, tenggorokan bengkak, muncul ruam dikulit, leher terasa kaku, muntah terus menerus atau sakit saat buang air kecil.

Mengonsumsi obat demam tradisional dan melakukan perawatan dirumah seperti istirahat yang cukup dapat menjadi pilihan untuk mengatasi demam yang dialami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *