8 Makanan Penambah Energi Melawan Kelelahan

8 Makanan Penambah Energi Melawan Kelelahan

Melancarkan BAB

Padatnya aktivitas harian, khususnya yang banyak melibatkan fisik tubuh, tentunya akan menguras banyak energi. Energi yang terkuras saat bekerja bisa membuat tubuh menjadi lelah dan tak bertenaga. Jika sudah dalam lelah kronis, tidak sedikit orang yang akan mengambil atau mengonsumsi minuman berenergi untuk mengatasi masalah tersebut.

Walaupun minuman berenergi dapat mengurangi rasa lelah dan membuat tubuh jadi bertenaga kembali, namun minuman seperti ini tidak baik untuk dikonsumsi terus menerus, dan bisa berdampak buruk bagi tubuh untuk jangka panjangnya. Alih alih mengonsumsi minuman berenergi, lebih jika kita mengonsumsi makanan makanan sehat tertentu untuk mengatasi rasa lelah yang mendera.

Beberapa Makanan Penambah Energi

Ada banyak makanan sehat yang bisa membantu meningkatkan energi dan membuat tubuh kita jadi lebih bertenaga kembali. Beberapa makanan tersebut adalah:

1. Kacang Almond
Kacang almond merupakan salah satu makanan yang tepat untuk meningkatkan energi dan menjaga tubuh tetap bertenaga dalam waktu yang lama. Hal ini berkat kombinasi antara protein nabati dan lemak sehat didalam kacang almon yang dapat membantu menstabilkan gula dara ( Salah satu penyebab menurunnya energi).

2. Ikan Salmon
Asal lemak omega-3 dalam ikan salmon mendukung kesehatan sel-sel otak dan saraf, serta dapat mengurangi terjadinya “kabut mental”. Kurang konsentrasi, atau masalah kognitif lainnya yang dapat disebabkan oleh kelelahan. Jika anda kesulitan untuk menemukan ikan salmon, sebagai gantinya anda juga bisa mengonsumsi ikan tuna.

3. Buah Citrus
Golongan buah citrus seperti jeruk dan grapefruits dapat membantu meningkatkan energi tubuh dengan baik. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan meningkatkan jumlah oksigen yang beredar di otak, dan dapat membuat orang yang mengonsumsinya jadi segar kembali d an lebih berenergi.

4. Alpukat
Diantara banyak nutrisi penting yang terkandung didalamnya, buah alpukat juga mengandung vitamin-B kompleks. Vitamin ini sangat penting dalam membantu meningkatkan energi. Mengonsumsinya secara rutin, apalagi sebelum kerja, akan membuat energi tubuh anda terjaga dengan baik hingga siang hari. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus, atau bisa ditambahkan pada makanan seperti salad atau yang lainnya.

5. Buah Berry
Blueberry, stroberi, raspberry, dan buah berry lainnya sangat baik untuk meningkatkan energi tubuh. Buah buahan tersebut mengandung sedikit gula didalamnya, namun sudah cukup efektif untuk menambah energi yang terkuras. Selain itu, buah berry mengandng banyak serat untuk mencegah terjadinya kemorosotan energi. Antioksidan yang terkandung didalamnya juga baik bagi kesehatan tubuh dan dapat melawan kelelahan.

6. Kurma
Sama seperti buah berry, kurma juga mengandung gula yang dapat membantu meningkatkan energi. Kurma juga kaya akan serat dan dapat membantu menstabilkan gula darah, sehingga energi akan tetap terjaga dalam waktu yang lama

7. Semangka
Buah yang lezat dan segar ini ternyata juga dapat membantu meningkatkan energi tubuh. Kombinasi nutrisi di dalamnya seperti vitamin B dan kalium mampu meningkatkan energi dan menjaganya dalam waktu yang lama.

8. Brokoli
Brokoli adalah makanan yang baik untuk mempertahankan tingkat energi hingga sepanjang hari karena kaya akan kromium. Kromium sendiri adalah mineral penting yang mengatur bagaimana tubuh mempertahankan kadar gula dan membantu mencegah menurunnya gula darah yang dapat menyebabkan seseorang menjadi lelah.

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa meningkatkan energi tubuh anda dan mencegah anda dari kelelahan kroni. Maka dari itu, dari pada mengonsumsi minuman berenergi, lebih baik mengonsumsi makanan makanan sehat tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *